Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan seluruh industri untuk semakin meningkatkan manajemen hemat energi mulai tahun ini. Bahkan, kewajiban tersebut ditegaskan dalam surat edaran yang diedarkan kepada seluruh industri untuk mampu menghemat energi.

Dirjen Energi Baru Terbarukan (EBT), Luluk Sumiarso, mengatakan saat ini pihaknya fokus untuk mengajak industri khususnya yang menggunakan lebih dari enam ribu ton minyak per tahun untuk lebih menghemat energi. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2009.

“Mengajak industri tidak sulit, kami ajak bersama–sama, karena sektor industri dan transportasi paling banyak sebagai pengguna energi, apalagi industri yang menggunakan mesin–mesin agar lebih efisien, ada kewajiban hemat energi,” tegasnya di Kampus Gunadarma Depok, Rabu (12/01/11).

Tak hanya itu, kata Luluk, bahkan setiap perusahaan industri besar untuk merekrut manager energi untuk mengatur penghematan energi. Jika melanggar, kata Luluk, pihaknya akan mengecek dan memberi peringatan pertama, kedua, dan ketiga, hingga ekspos di media massa.

“Karena sudah ada edaran sejak Desember 2010, implementasi tahun ini harus dilaksanakan, karena itu kami sosialisasi dulu di awal agar industri tidak terkaget–kaget, sanksinya adalah ekspos di media, ini berupa gerakan ajakan,” tegasnya.

Sumber : http://www.kemenperin.go.id/artikel/1421/Kementerian-ESDM-Wajibkan-Industri-Hemat-Energi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *